SILABUS MATEMATIKA

Minggu, 21 Oktober 20120 komentar


SILABUS

NAMA SEKOLAH               : SMA N I PETANAHAN
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
KELAS/PROGRAM              : XI/IPA
SEMESTER                            : I
STANDAR KOMPETENSI
1.      Menggunakan aturan statistika, kaidah pemecacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.      Membaca sajian data dalam bentuk diagram garis, diagram lingkran, dan diagram batang.
2.      Mengidentifikasi nilai suatu data yang ditampilkan pada table dan diagram.
Statistika :
·   Diagram garis
·   Diagram batang
·   Diagram lingkaran
·   Ogive dan histogram

v Mengamati dan mengidentifikasi tentang data-data disekitar sekolah

v Mengidentifikasi data-data yang dinyatakan dalam berbagai model
v Mengelompokkan berbagai macam diagram dari table
v Menyimak konsep tentang penyajian data

Jenis tagihan
ü  Tugas terstruktuk individu
ü  Tugas tidak terstuktur kelompok
ü  Ulangan harian

Bentuk instrumen
ü  Kuis
ü  Tes tertulis
2 x 45’
·   Matematika untuk SMA kelas XI IPA,Sartono W,Erlangga,Jakarta
·   Matematika untuk SMA KELAS XI, Wahyudin Djumanta R. Sudrajat
2.1  Menyajikan data dalam bentuk table dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta penafsirannya





1.      Menyajikan data dalam bentuk diagram batang garis, lingkaran dan ogive serta penafsirannya
2.      Menafsirkan data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive
Statistika :
·         Diagram garis
·         Diagram batang
·         Diagram lingkaran
·         Ogive dan histogram

v Melakukan latihan dalam berbagai penyajian data

v  Menafsirkan data dari berbagai macam bentuk
v  Mengambil kesimpulan dari dua atau lebih kelompok data atau informasi yang sejenis

Jenis tagihan
ü  Tugas terstruktuk individu
ü  Tugas tidak terstuktur kelompok
ü  Ulangan harian

Bentuk instrumen
ü  Kuis
ü  Tes tertulis
2 x 45’
·   Matematika untuk SMA kelas XI IPA,Sartono W,Erlangga,Jakarta
·   Matematika untuk SMA KELAS XI, Wahyudin Djumanta R. Sudrajat
3.1  Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data, serta penafsirannya







1.      Membaca sajian data dalam bentuk table distribusi frekuensi dan histogram
2.      Menyajikan data dalam bentuk table distribusi frekuensi dan histogram
3.      Menentukan rataan, median, dan modus
4.      Memberikan tfsiran terhadap ukuran pemusatan
Statistika :
·         Diagram garis
·         Diagram batang
·         Diagram lingkaran
·         Ogive dan histogram

v Mendiskusikan pentingnya penyajian data dalam bentuk histogram dan ogive

v Membuat table distribusi frekuensi dari data tertentu

v Menggambar grafik histogram dari table distribusi

v Menghitung ukuran pemusatan data baik data tunggal maupun data berkelompok

v Berdiskusi dengan kelompok untuk menyelesaikan soal-soal dalam mencari ukuran pemusatan data kemudian disajikan dalam bentuk diagram dan menafsirkan hasil yang didipat


Jenis tagihan
ü  Tugas terstruktuk individu
ü  Tugas tidak terstuktur kelompok
ü  Ulangan harian

Bentuk instrumen
ü  Kuis
ü  Tes tertulis
4 x 45’
·   Matematika untuk SMA kelas XI IPA,Sartono W,Erlangga,Jakarta
·   Matematika untuk SMA KELAS XI, Wahyudin Djumanta R. Sudrajat
4.1  Menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah
1.      Mengerti aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi
2.      Menyusun aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi
3.      Menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi
Peluang :
·         Aturan perkalian
·         Permutasi
·         kombinasi

v menentukan berbagai kemungkinan pengisian tempat dalam permainan tertentu atau masalah-masalah lainnya

v  berdiskusi mengenai kaidah pencacahan yang mengarah pada aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi
v  menerapkan rumus aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi untuk menyelesikan soal
v  menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan perkalian, permutasi, dan kombinasi

Jenis tagihan
ü  Tugas terstruktuk individu
ü  Tugas tidak terstuktur kelompok
ü  Ulangan harian

Bentuk instrumen
ü  Kuis
ü  Tes tertulis
4 x 45’




·   Matematika untuk SMA kelas XI IPA,Sartono W,Erlangga,Jakarta
·   Matematika untuk SMA KELAS XI, Wahyudin Djumanta R. Sudrajat




5.1  Menentukan ruang sampel suatu percobaan
1.      Menentukan banyak kemungkinan kejadian dari berbagai situasi
2.      Menuliskan himpunan kejadian dari suatu percobaan
Ruang sampel

v  Mendaftar titik-titik sampel dari suatu percobaan acak

v  Menentukan ruang sampel dari percobaan acak tunggal dan kombinasi
v  Menentukan jumlah titik sampel

Jenis tagihan
ü  Tugas terstruktuk individu
ü  Tugas tidak terstuktur kelompok
ü  Ulangan harian

Bentuk instrumen
ü  Kuis
ü  Tes tertulis
1 x 45’




·   Matematika untuk SMA kelas XI IPA,Sartono W,Erlangga,Jakarta
·   Matematika untuk SMA KELAS XI, Wahyudin Djumanta R. Sudrajat




6.1  Menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya
1.      Menentukan peluang kejadian melalui percobaan
2.      Menentukan peluang kejadian secara teoritis
Peluang kejadian

v  Merancang dan malakukan percobaan untuk menentukan peluang suatu kejadian

v  Menyimpulkan peluang kejadian dari percobaan yang dilakukan untuk mendukung peluang kejadian secara teoritisny
v  Menentukan peluang suatu kejadian, peluang komplemen suatu kejadian
v  Menentukan peluang suatu kejadian dari soal atau masalah sehari-hari

Jenis tagihan
ü  Tugas terstruktuk individu
ü  Tugas tidak terstuktur kelompok
ü  Ulangan harian

Bentuk instrumen
ü  Kuis
ü  Tes tertulis
4 x 45’




·   Matematika untuk SMA kelas XI IPA,Sartono W,Erlangga,Jakarta
·   Matematika untuk SMA KELAS XI, Wahyudin Djumanta R. Sudrajat





2.      Menurunkan rumus trigonometri dan penggunaanya

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.2   Menggunakan rumus sinus dan kosinus jumlah dua sudut, selisih dua sudut, dan sudut ganda untuk menghitung sinus dan kosinus sudut tertentu.
·   Menggunakan rumus sinus jumlah dua sudut
·   Menggunakan rumus kosinus jumlah dan silisih dua sudut
Trigonometri jumlah dan selisih dua sudut
v  Mengulang kembali tentang konsep perbandingan sinus, kosinus dan tangent
v  Menurunkan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut
v  Menurunkan rumus kosinus jumlah dan selisih dua sudut
v  Menerapkan rumus sinus dan kosinus jumlah dan selisih dua sudut untuk menyelesaikan soal
Jenis tagihan
ü  Tugas terstruktuk individu
ü  Tugas tidak terstuktur kelompok
ü  Ulangan harian



Bentuk instrumen
ü  Kuis
ü  Tes tertulis
5 x 45’




·   Matematika untuk SMA kelas XI IPA,Sartono W,Erlangga,Jakarta
·   Matematika untuk SMA KELAS XI, Wahyudin Djumanta R. Sudrajat




2.2  Menurunkan rumus jumlah dan selisih sinus dan kosinus
·   Menyatakan perkalian sinus dan kosinus dalam jumlah atau selisih sinus dan kosinus
·   Menggunakan rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut dalam pemecahan masalah
·   Membuktikan rumus trigonomeetri jumlah dan selisih dua sudut
·   Membuktikan rumus trigonometri jumlah dan selisih dari sinus dan kosinus dua sudut
Trigonometri
Jumlah dan selisih sinus, cosines dan tangent
v  Menurunkan rumus jumlah dan selisih sinus
v  Menurunkan rumus jumlah dan selisih kosinus
v  Menerapkan perkalian sinus dan kosinus dalam jumlah atau selisih sinus atau kosinus untuk menyelesaikan soal
v  Menyelesaikan masalah yang menggunakan rumus-rumus jumlah dan selisih dua sinus dan jumlah atau selisih dua cosines
v  Menggunakan rumus tangent jumlah dan selisih dua sudut
v  Menggunakan rumus sinus, cosines, dan tangen sudut ganda
v  Dengan memanipulasi rumus yang ada, menurunkan rumus baru
v  Diskusi kelompok membahas pembuktian soal yang melibatkan beberapa konsep trigonometri
Jenis tagihan
ü  Tugas terstruktuk individu
ü  Tugas tidak terstuktur kelompok
ü  Ulangan harian



Bentuk instrumen
ü  Kuis
ü  Tes tertulis
5 x 45’
·   Matematika untuk SMA kelas XI IPA,Sartono W,Erlangga,Jakarta
·   Matematika untuk SMA KELAS XI, Wahyudin Djumanta R. Sudrajat


2.3  Menggunakan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus
·   Merancang dan membuktikan identitas trigonometri
·   Menyelesaikan masalah yang melibatkan rumus jumlah dan selisih dua sudut
Penerapan jumlah dan selisih sinus, kosinus, dan tangent:
·         Identitas Trigonometri
·         Masalah Aplikasi
v  Membuktikan identitas trigonometri sederhana
v  Melakukan latihan menyelesaikan identitas trigonometri
v  Menghitung nilai trigonometri sudut dengan menggunakan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus
Jenis tagihan
ü  Tugas terstruktuk individu
ü  Tugas tidak terstuktur kelompok
ü  Ulangan harian



Bentuk instrumen
ü  Kuis
ü  Tes tertulis
6 x 45’
·   Matematika untuk SMA kelas XI IPA,Sartono W,Erlangga,Jakarta
·   Matematika untuk SMA KELAS XI, Wahyudin Djumanta R. Sudrajat



3.      Menyusun persamaan lingkaran dan garis singgungnya

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR
3.1  Menyusun persamaan lingkaran yang memenuhi persyaratan yang ditentukan
·         Merumuskan persamaanlingkaran berpusat di (0,0) dan (a,b)
·         Menentukan pusat dan jari-jari lingkaran yang persamaanya diketahui
·         Menentukan persamaan lingkaran yang memenuhi criteria tertentu

Persamaan Lingkaran
v  Menentukan persamaan lingkaran berpusat di (0,0) dengan menggunakan teorema phytagoras
v  Menurunkan persamaan lingkaran yang berpusat di (a,b)
v  Menyatakan bentuk umum persamaan lingkaran
v  Menentukan persamaan lingkaran jika titik pusat dan jari-jarinya diketahui
v  Menyusun persamaan lingkaran yang memenuhi criteria tertentu
Jenis tagihan
ü  Tugas terstruktuk individu
ü  Tugas tidak terstuktur kelompok
ü  Ulangan harian



Bentuk instrumen
ü  Kuis
ü  Tes tertulis
7 x 45’
·   Matematika untuk SMA kelas XI IPA,Sartono W,Erlangga,Jakarta
·   Matematika untuk SMA KELAS XI, Wahyudin Djumanta R. Sudrajat


3.2 Menentukan persamaan garis singgung pada lingkaran dalam berbagai situasi
·         Melukis garis yang menyinggung lingkaran dan menentukan sifat-sifatnya
·         Merumuskan persamaan garis singgung yang melalui suatu titik pada lingkaran
·         Merumuskan persamaan garis singgung yang gradiennya diketahui
Persamaan Garis Singgung Lingkaran
v  Menyelidiki sifat dari garis-garis yang menyinggung maupun tidak menyinggung lingkaran
v  Menurunkan teorema tentang persamaan garis singgung pada lingkaran
v  Menentukan persamaan garis singgung lingkaran pada suatu lingkaran
v  Menggunakan diskriminan untuk menentukan persamaan garis singgung pada lingkaran
Jenis tagihan
ü  Tugas terstruktuk individu
ü  Tugas tidak terstuktur kelompok
ü  Ulangan harian



Bentuk instrumen
ü  Kuis
ü  Tes tertulis
8 x 45’
·   Matematika untuk SMA kelas XI IPA,Sartono W,Erlangga,Jakarta
·   Matematika untuk SMA KELAS XI, Wahyudin Djumanta R. Sudrajat



Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ika Dwi Saputra - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger