SILABUS
NAMA SEKOLAH : SMA N I PETANAHAN
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS/PROGRAM : XI/IPA
SEMESTER : I
STANDAR KOMPETENSI
1. Menggunakan
aturan statistika, kaidah pemecacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan
masalah
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1.
Membaca sajian data dalam bentuk diagram garis,
diagram lingkran, dan diagram batang.
2.
Mengidentifikasi nilai suatu data yang ditampilkan
pada table dan diagram.
|
Statistika :
· Diagram garis
· Diagram batang
· Diagram
lingkaran
· Ogive dan
histogram
|
v Mengamati dan mengidentifikasi tentang data-data disekitar sekolah
v Mengidentifikasi
data-data yang dinyatakan dalam berbagai model
v Mengelompokkan
berbagai macam diagram dari table
v Menyimak
konsep tentang penyajian data
|
Jenis tagihan
ü Tugas
terstruktuk individu
ü Tugas tidak
terstuktur kelompok
ü Ulangan harian
Bentuk instrumen
ü Kuis
ü Tes tertulis
|
2 x 45’
|
· Matematika untuk
SMA kelas XI IPA,Sartono W,Erlangga,Jakarta
· Matematika
untuk SMA KELAS XI, Wahyudin Djumanta R. Sudrajat
|
|
2.1
Menyajikan data dalam bentuk table dan diagram
batang, garis, lingkaran, dan ogive serta penafsirannya
|
1.
Menyajikan data dalam bentuk diagram batang garis,
lingkaran dan ogive serta penafsirannya
2.
Menafsirkan data dalam bentuk diagram batang,
garis, lingkaran, dan ogive
|
Statistika :
·
Diagram garis
·
Diagram batang
·
Diagram lingkaran
·
Ogive dan histogram
|
v Melakukan latihan dalam berbagai penyajian data
v Menafsirkan
data dari berbagai macam bentuk
v Mengambil
kesimpulan dari dua atau lebih kelompok data atau informasi yang sejenis
|
Jenis tagihan
ü Tugas
terstruktuk individu
ü Tugas tidak
terstuktur kelompok
ü Ulangan harian
Bentuk instrumen
ü Kuis
ü Tes tertulis
|
2 x 45’
|
· Matematika
untuk SMA kelas XI IPA,Sartono W,Erlangga,Jakarta
· Matematika
untuk SMA KELAS XI, Wahyudin Djumanta R. Sudrajat
|
3.1
Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan
ukuran penyebaran data, serta penafsirannya
|
1.
Membaca sajian data dalam bentuk table distribusi
frekuensi dan histogram
2.
Menyajikan data dalam bentuk table distribusi
frekuensi dan histogram
3.
Menentukan rataan, median, dan modus
4.
Memberikan tfsiran terhadap ukuran pemusatan
|
Statistika :
·
Diagram garis
·
Diagram batang
·
Diagram lingkaran
·
Ogive dan histogram
|
v Mendiskusikan pentingnya penyajian data dalam bentuk histogram dan ogivev Membuat table distribusi frekuensi dari data tertentuv Menggambar grafik histogram dari table distribusiv Menghitung ukuran pemusatan data baik data tunggal maupun data berkelompokv Berdiskusi dengan kelompok untuk menyelesaikan soal-soal dalam mencari ukuran pemusatan data kemudian disajikan dalam bentuk diagram dan menafsirkan hasil yang didipat |
Jenis tagihan
ü Tugas
terstruktuk individu
ü Tugas tidak
terstuktur kelompok
ü Ulangan harian
Bentuk instrumen
ü Kuis
ü Tes tertulis
|
4 x 45’
|
· Matematika
untuk SMA kelas XI IPA,Sartono W,Erlangga,Jakarta
· Matematika
untuk SMA KELAS XI, Wahyudin Djumanta R. Sudrajat
|
4.1
Menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan
kombinasi dalam pemecahan masalah
|
1.
Mengerti aturan perkalian, permutasi, dan
kombinasi
2.
Menyusun aturan perkalian, permutasi, dan
kombinasi
3.
Menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan
kombinasi
|
Peluang :
·
Aturan perkalian
·
Permutasi
·
kombinasi
|
v menentukan berbagai kemungkinan pengisian tempat dalam permainan tertentu atau masalah-masalah lainnya
v berdiskusi
mengenai kaidah pencacahan yang mengarah pada aturan perkalian, permutasi,
dan kombinasi
v menerapkan
rumus aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi untuk menyelesikan soal
v menyelesaikan
masalah-masalah yang berkaitan dengan perkalian, permutasi, dan kombinasi
|
Jenis tagihan
ü Tugas
terstruktuk individu
ü Tugas tidak
terstuktur kelompok
ü Ulangan harian
Bentuk instrumen
ü Kuis
ü Tes tertulis
|
4 x 45’
|
· Matematika
untuk SMA kelas XI IPA,Sartono W,Erlangga,Jakarta
· Matematika
untuk SMA KELAS XI, Wahyudin Djumanta R. Sudrajat
|
5.1
Menentukan ruang sampel suatu percobaan
|
1.
Menentukan banyak kemungkinan kejadian dari
berbagai situasi
2.
Menuliskan himpunan kejadian dari suatu percobaan
|
Ruang sampel
|
v Mendaftar titik-titik sampel dari suatu percobaan acak
v
Menentukan
ruang sampel dari percobaan acak tunggal dan kombinasi
v
Menentukan
jumlah titik sampel
|
Jenis tagihan
ü Tugas
terstruktuk individu
ü Tugas tidak
terstuktur kelompok
ü Ulangan harian
Bentuk instrumen
ü Kuis
ü Tes tertulis
|
1 x 45’
|
· Matematika
untuk SMA kelas XI IPA,Sartono W,Erlangga,Jakarta
· Matematika
untuk SMA KELAS XI, Wahyudin Djumanta R. Sudrajat
|
6.1
Menentukan peluang suatu kejadian dan
penafsirannya
|
1.
Menentukan peluang kejadian melalui percobaan
2.
Menentukan peluang kejadian secara teoritis
|
Peluang kejadian
|
v Merancang dan malakukan percobaan untuk menentukan peluang suatu kejadian
v
Menyimpulkan
peluang kejadian dari percobaan yang dilakukan untuk mendukung peluang
kejadian secara teoritisny
v
Menentukan
peluang suatu kejadian, peluang komplemen suatu kejadian
v
Menentukan
peluang suatu kejadian dari soal atau masalah sehari-hari
|
Jenis tagihan
ü Tugas
terstruktuk individu
ü Tugas tidak
terstuktur kelompok
ü Ulangan harian
Bentuk instrumen
ü Kuis
ü Tes tertulis
|
4 x 45’
|
· Matematika
untuk SMA kelas XI IPA,Sartono W,Erlangga,Jakarta
· Matematika
untuk SMA KELAS XI, Wahyudin Djumanta R. Sudrajat
|
2. Menurunkan
rumus trigonometri dan penggunaanya
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1.2
Menggunakan
rumus sinus dan kosinus jumlah dua sudut, selisih dua sudut, dan sudut ganda
untuk menghitung sinus dan kosinus sudut tertentu.
|
· Menggunakan
rumus sinus jumlah dua sudut
· Menggunakan
rumus kosinus jumlah dan silisih dua sudut
|
Trigonometri jumlah dan selisih dua
sudut
|
v Mengulang
kembali tentang konsep perbandingan sinus, kosinus dan tangent
v Menurunkan
rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut
v Menurunkan
rumus kosinus jumlah dan selisih dua sudut
v Menerapkan
rumus sinus dan kosinus jumlah dan selisih dua sudut untuk menyelesaikan soal
|
Jenis tagihan
ü Tugas
terstruktuk individu
ü Tugas tidak
terstuktur kelompok
ü Ulangan harian
Bentuk instrumen
ü Kuis
ü Tes tertulis
|
5 x 45’
|
· Matematika
untuk SMA kelas XI IPA,Sartono W,Erlangga,Jakarta
· Matematika untuk
SMA KELAS XI, Wahyudin Djumanta R. Sudrajat
|
2.2
Menurunkan rumus jumlah dan selisih sinus dan
kosinus
|
· Menyatakan
perkalian sinus dan kosinus dalam jumlah atau selisih sinus dan kosinus
· Menggunakan
rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut dalam pemecahan masalah
· Membuktikan
rumus trigonomeetri jumlah dan selisih dua sudut
· Membuktikan
rumus trigonometri jumlah dan selisih dari sinus dan kosinus dua sudut
|
Trigonometri
Jumlah dan selisih sinus, cosines dan tangent
|
v Menurunkan
rumus jumlah dan selisih sinus
v Menurunkan
rumus jumlah dan selisih kosinus
v Menerapkan
perkalian sinus dan kosinus dalam jumlah atau selisih sinus atau kosinus
untuk menyelesaikan soal
v Menyelesaikan
masalah yang menggunakan rumus-rumus jumlah dan selisih dua sinus dan jumlah
atau selisih dua cosines
v Menggunakan
rumus tangent jumlah dan selisih dua sudut
v Menggunakan
rumus sinus, cosines, dan tangen sudut ganda
v Dengan
memanipulasi rumus yang ada, menurunkan rumus baru
v Diskusi
kelompok membahas pembuktian soal yang melibatkan beberapa konsep
trigonometri
|
Jenis tagihan
ü Tugas
terstruktuk individu
ü Tugas tidak
terstuktur kelompok
ü Ulangan harian
Bentuk instrumen
ü Kuis
ü Tes tertulis
|
5 x 45’
|
· Matematika
untuk SMA kelas XI IPA,Sartono W,Erlangga,Jakarta
· Matematika
untuk SMA KELAS XI, Wahyudin Djumanta R. Sudrajat
|
2.3
Menggunakan rumus jumlah dan selisih sinus dan
cosinus
|
· Merancang dan
membuktikan identitas trigonometri
· Menyelesaikan
masalah yang melibatkan rumus jumlah dan selisih dua sudut
|
Penerapan jumlah dan selisih sinus,
kosinus, dan tangent:
·
Identitas Trigonometri
·
Masalah Aplikasi
|
v Membuktikan
identitas trigonometri sederhana
v Melakukan
latihan menyelesaikan identitas trigonometri
v Menghitung
nilai trigonometri sudut dengan menggunakan rumus jumlah dan selisih sinus
dan cosinus
|
Jenis tagihan
ü Tugas
terstruktuk individu
ü Tugas tidak
terstuktur kelompok
ü Ulangan harian
Bentuk instrumen
ü Kuis
ü Tes tertulis
|
6 x 45’
|
· Matematika
untuk SMA kelas XI IPA,Sartono W,Erlangga,Jakarta
· Matematika
untuk SMA KELAS XI, Wahyudin Djumanta R. Sudrajat
|
3. Menyusun
persamaan lingkaran dan garis singgungnya
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
3.1
Menyusun persamaan lingkaran yang memenuhi
persyaratan yang ditentukan
|
·
Merumuskan persamaanlingkaran berpusat di (0,0)
dan (a,b)
·
Menentukan pusat dan jari-jari lingkaran yang
persamaanya diketahui
·
Menentukan persamaan lingkaran yang memenuhi
criteria tertentu
|
Persamaan Lingkaran
|
v Menentukan
persamaan lingkaran berpusat di (0,0) dengan menggunakan teorema phytagoras
v Menurunkan
persamaan lingkaran yang berpusat di (a,b)
v Menyatakan
bentuk umum persamaan lingkaran
v Menentukan
persamaan lingkaran jika titik pusat dan jari-jarinya diketahui
v Menyusun
persamaan lingkaran yang memenuhi criteria tertentu
|
Jenis tagihan
ü Tugas
terstruktuk individu
ü Tugas tidak
terstuktur kelompok
ü Ulangan harian
Bentuk instrumen
ü Kuis
ü Tes tertulis
|
7 x 45’
|
· Matematika
untuk SMA kelas XI IPA,Sartono W,Erlangga,Jakarta
· Matematika
untuk SMA KELAS XI, Wahyudin Djumanta R. Sudrajat
|
3.2 Menentukan persamaan garis
singgung pada lingkaran dalam berbagai situasi
|
·
Melukis garis yang menyinggung lingkaran dan
menentukan sifat-sifatnya
·
Merumuskan persamaan garis singgung yang melalui
suatu titik pada lingkaran
·
Merumuskan persamaan garis singgung yang
gradiennya diketahui
|
Persamaan Garis Singgung Lingkaran
|
v Menyelidiki
sifat dari garis-garis yang menyinggung maupun tidak menyinggung lingkaran
v Menurunkan
teorema tentang persamaan garis singgung pada lingkaran
v Menentukan
persamaan garis singgung lingkaran pada suatu lingkaran
v Menggunakan
diskriminan untuk menentukan persamaan garis singgung pada lingkaran
|
Jenis tagihan
ü Tugas
terstruktuk individu
ü Tugas tidak
terstuktur kelompok
ü Ulangan harian
Bentuk instrumen
ü Kuis
ü Tes tertulis
|
8 x 45’
|
· Matematika
untuk SMA kelas XI IPA,Sartono W,Erlangga,Jakarta
· Matematika
untuk SMA KELAS XI, Wahyudin Djumanta R. Sudrajat
|
Posting Komentar